OTK

Latar Belakang

FMIPA sebagai UPPS memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan Tri Dharma PT dan kerjasama baik ditingkat lokal, nasional, dan internasional dalam rangka mewujudkan Visi FMIPA. Dalam menjalankan tanggung jawaban tersebut FMIPA menyusun Struktur Organisasi yang mengacu pada OTK Universitas Mataram. Tugas dan wewenang setiap unit dalam struktur organisasi tersebut tertuang dalam Statuta Universitas Mataram. Sistem tata kelola dan tata pamong yang terbentuk, diharapkan bisa mendukung terciptanya good governance, yang meliputi lima aspek yaitu: kredibilitas, transparansi, akuntubilitas, tanggung jawab, dan berkeadilan. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sistem penjaminan mutu dalam pelaksanaan system tata pamong, tata kelola, dan kerjasama. Sistem penjamin mutu tersebut harus menunjukkan terlaksananya siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP). Hal tersebut melatarbelakangi FMIPA menetapkan standar pejaminan mutu yang meliputi standar tata kelola, tata pamong, dan kerjasama. Standar tersebut dituangkan dalam dokumen SPMI bidang Non-akademik.

Penetapan standar penjaminan mutu tersebut bertujuan untuk mengontrol pelaksanaan sistem tata kelola, tata pamong, dan kerjasama di Lingkungan FMIPA dalam rangka mewujudkan terciptanya good governance yang dapat tercermin dalam kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik. Sistem kontrol tersebut juga diharapkan dapat menjamin terlaksnanya siklus PPEPP dalam sistem tata kelola, tata pamong, dan kerjasama yang mencerminkan terlaksananya sistem penjaminan mutu yang baik di Lingkungan FMIPA.

Adapun rasional yang akan terwujud dengan terlaksananya sistem penjaminan mutu pada sistem tata kelola, tata pamong, dan kerjasama adalah 1) Terciptanya sistem tata kelola, tata pamong, dan kerjasama yang mencerminkan good governance yang mampu dibuktikan dalam kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik, 2) Terlaksananya pengelolaan pendidikan yang berkualitas dengan memanfaatkan hasil kerjasama FMIPA dengan berbagai pihak, dan 3) FMIPA sebagai UPPS mampu membuktikan pelaksanaan siklus PPEPP dalam sistem tata kelola, tata pamong, dan kerjasama dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Oleh karena itu, dengan tercapainya seluruh indikator pada standar penjaminan mutu, maka FMIPA dapat mencapai Visi yang telah ditetapkan dengan mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SMPI) yang konsisten dan berkelanjutan untuk mencapai hasil yang terbaik dalam Sistem Penjaminan Mutu Ekternal (SPME) dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan Pendidikan di Lingkungan FMIPA.

Sistem kepemimpinan menjalankan tata kelola FMIPA. Sistem ini memastikan bahwa sistem penglolaan fungsional dan operasional FMIPA berjalan sesuai dengan sistem penjaminan mutu.

Kepemimpinan Operasional

Visi dan misi FMIPA Unram dijabarkan oleh Pimpinan FMIPA dalam kegiatan operasional program studi yang didukung oleh setiap komponen yang ada dalam struktur organisasi FMIPA. Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi mewujudkan operasionalisasi visi dan misi FMIPA. Kegiatan ini dirancang bersama oleh Pimpinan FMIPA dan Koordinator Prodi. Kegiatan akademik program studi diawasi, diusulkan, dan didukung oleh Pimpinan FMIPA.

Kepemimpinan Organisasi

Pimpinan FMIPA Unram bertanggung jawab atas kepemimpinan organisasi, yang merupakan suborganisasi dalam sistem organisasi Universitas Mataram. Kepemimpinan ke bawah digunakan untuk memastikan bahwa organisasi FMIPA Unram berjalan dengan baik. Pimpinan FMIPA Unram secara teratur melakukan rapat koordinasi dengan struktur di bawahnya. Rapat ini dilakukan dalam bentuk Rapat Pimpinan Fakultas yang melibatkan seluruh dekanat, ketua program studi, kepala bagian, dan kepala sub-bagian, serta rapat khusus yang melibatkan Prodi, tenaga kependidikan, dan GPM.

Kepemimpinan Publik

Pimpinan FMIPA Unram selalu berusaha untuk memperluas dan meningkatkan kerja sama dengan institusi di dalam maupun di luar negeri dalam rangka menjalankan visi dan misi. Pimpinan FMIPA Unram secara proaktif mengajak dan menerima proposal kerja sama. Setelah rancangan kerja sama diterima oleh FMIPA Unram, MoU dibuat. Namun, aturan Unram menetapkan bahwa rektor menandatangani MoU di pihak Unram. MoU ini berfungsi sebagai payung hukum bagi fakultas untuk mencapai kerja sama.

Sistem tata pamong dan tata kelola UPPS merujuk pada OTK Universitas Mataram. Struktur organisasi UPPS diperlihatkan pada Gambar 2.1. Pengendalian mutu di Tingkat UPPS dilakukan oleh GPM (Gugus Penjaminan Mutu) yang merupakan kepanjangan tangan dari LPMPP. GPM berangotakan wakil-wakil dosen dari semua prodi di lingkungan FMIPA Universitas bertugas melakukan tugas-tugas LPMPP ditingkat fakultas. Tugas pokok dan fungsi masing-masing komponen UPPS dituangkan dalam Renstra SDM FMIPA 2019-2025 BAB IV dan dilengkapi dengan Keputusan Dekan Fakultas Mipa Universitas Mataram No. 28/UN18.F7/HK/2024 tentang Penetapan Struktur Organisasi Dan Tupoksi Pimpinan Fakultas, Senat Fakultas, GPM, BP3F, Koordinator Program Studi, Kepala Laboratorium, Dan Pelaksana Administrasi Di Lingkungan FMIPA Universitas Mataram, 

  • Pimpinan Fakultas :  Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa
  • Senat Akademik Fakultas : Memberian pertimbangan dan pengawasan terhadap pelaksanaan otonomi perguruan tinggi di Fakultas.
  • Pelaksana Akademik Koordinator Program Studi : Melaksanakan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai program studi yang ada di Fakultas;
  • Gugus Penjamin Mutu (GPM) : Melaksanakan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan penjaminan mutu dan pengembangan pembelajaran.
  • BP3F : Mengkoordinasikan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan penelitian, pengabdian, dan pengembangan keilmuan di bidang matematika, sains, lingkungan, dan statistika.
  • Penunjang Akademik/ Kepala Laboratorium : Menunjang pelaksanaan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Pelaksana Administrasi : Merencanaan dan mengarahkan pelaksanaan pekerjaan ketatausahaan, kerumahtanggaan, dan perlengkapan di Fakultas;

Dalam pelaksanakan pembelajaran MBKM di Universitas Mataram, Rektor menerbitkan SK No. 1599/UN18/HK/2023 tentang Pengangkatan Unit Pengelola MBKM dan IKU. Pelaksanaan MBKM di tingkat UPPS diatur dengan Surat Keputusan Dekan FMIPA No. 2071/UN18.F8/HK/2022 tentang Penetapan Buku Pedoman Akademik FMIPA Universitas Mataram. Pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan MBKM di Tingkat UPPS adalah: mahasiswa sebagai pembelajar, mitra, dan program studi. Kewajiban program studi meliputi:

  • Menyusun atau menyesuaikan kurikulum yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengambil matakuliah di prodi lain,
  • Menentukan dan menawarkan mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa di luar prodi,
  • Mengatur kuota peserta yang mengambil mata kuliah yang ditawarkan dalam bentuk pembelajaran dalam prodi lain PT yang sama,
  • Mengatur jumlah SKS yang dapat diambil dari prodi lain, dan
  • Menyiapkan daftar mata kuliah, dosen, dan sarana pembelajaran dalam rangka pelaksanaan program belajar dari luar prodi dan luar Unram.

Mekanisme detail pelaksanaan MBKM tertuang pada Pedoman Implementasi MBKM di PS Fisika dituangkan dalam Pedoman Implementasi Kurikulum MBKM Program Studi Fisika Unram.

Struktur Tata pamong, tata kelola, dan kerjasama di PS Fisika dilakukan dengan efektif dan efesien dengan menjalankan prinsip good governance. Pelaksanaan prinsip good governance tersebut dirikan dengan adanya relevansi, akuntabel, transparan, berkeadilan dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tata pamong, tata kelola, dan kerjasama di PS Fisika. Relevansi ditunjukkan dengan keberadaan PS Fisika di UPPS. PS Fisika memiliki keselarasan bidang ilmu dengan UPPS. Akuntabilitas tata pamong PS FIsika ditunjukkan dengan pelaksanaan tata pamong yang telah mengikuti standar dengan indikator dicantumkan dalam dokumen SPMI Non-Akademik (No. 05/UN18.F7/GPM/VIII/2023). Seluruh prosedur pelayanan tersebut tertuang dalam POS (Prosedure Operasional Standar) bidang akademik dan non-akademik. Sistem tata pamong menyangkut input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik, diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau, dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas. Transparansi tata Kelola ditunjukkan dengan system SSO (single sign on) Universitas Mataram dimana setiap dosen, tenaga pendidikan, pegawai, mahasiswa, dapat mengakses system informasi sesuai dengan batas kewenangannya. Berbagai pelayanan dan pengelolaan yang dapat diakses melalui sistem SSO Universitas Mataram (Akses Terintegrasi Universitas Mataram) (Tabel )

Sistem Informasi AkademikSIAhttps://sia.unram.ac.id/
Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian
SIMLITABMAShttps://simlitabmas.unram.ac.id
Sistem Informasi KeuangaSINISA
https://sinisa.unram.ac.id/
Sistem Informasi KepegawaianDosen
Dosen/Pegawai
Tendik
https://bkd.unram.ac.id/ https://eskp.unram.ac.id/ https://staf.unram.ac.id/
Sistem Informasi MBKMMBKM
https://mbkm.unram.ac.id/
Sistem Informasi Penjaminan MutuLKPShttps://penjamu.unram.ac.id/

Struktur Organisasi FMIPA Universitas Mataram

Tanggung jawab dalam tata kelola ditunjukkan dengan adanya rapat rutin PS Fisika untuk membahas masalah, kendala, dan tantngan yang dihadapi oleh PS Fisika untuk mendapatkan jalan keluar dari seluruh civitas PS Fisika. Prinsip berkeadilan dalam tata Kelola ditunjukkan dengan adanya sesamaan hak dan kewajiban setiap unsur civitas di PS Fisika. Tegaknya aturan, tata cara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi (reward and punishment) serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, dan laboratorium)

Kebijakan

Berdasarkan struktur organisasi FMIPA Universitas Mataram semua komponen mengetahui kedudukannya masing-masing. Koorditor PS Fisika, bersama Ketua Laboratorium Fisika Dasar dan Ketua Laboratorium Fisika Lanjut, dipilih dari DTPS berdasarkan mekanisme yang diatur dalam peraturan-peraturan. Dokumen aturan-aturan yang menjadi dasar kebijakan Tata Pamong, Tata Kelola, dan kerjasama adalah sebagai berikut.

  1. Kebijakan-kebijakan berkaitan dengan Tata Pamong
    1. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2023 Tentang OTK UNIVERSITAS MATARAM.
    2. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2017 Tentang Statuta UNIVERSITAS MATARAM.
  2. Kebijakan-kebijakan berkaitan dengan Tata Kelola
    1. Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pembentukan Produk Hukum di UNIVERSITAS MATARAM
    2. Peraturan Rektor Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tata Tertib Akademik UNIVERSITAS MATARAM
  3. Kebijakan-kebijakan berkaitan dengan Penjaminan Mutu
    1. Keputusan Rektor UNIVERSITAS MATARAM Nomor 3531 Tahun 2020 tentang Tim Penyusun SPMI UNIVERSITAS MATARAM.
    2. Dokumen SPMI FMIPA UNIVERSITAS MATARAM guna mendukung terwujudnya budaya mutu di lingkungan FMIPA UNIVERSITAS MATARAM.
  4. Kebijakan-kebijakan berkaitan dengan Kerjasama
    1. Peraturan Rektor UNRAM Nomor 1333/Un18/Lk.00.04/2012 Tanggal 31 Januari 2012 Tentang Pedoman Pengelolaan Kerjasama UNRAM

Sistem tata pamong di PS Fisika tidak hanya melibatkan sivitas akademika di PS Fisika tetapi alumni, pengguna, dan masyarakat juga dilibatkan. Hal ini bertujuan untuk mencapai sistem tata pamong yang kredibel, transparan, dan berkeadilan. Keterlibatan semua pihak akan berdampak besar terhadap kredibelitas dan eksistensi PS Fisika secara berkelanjutan.

Sistem Penjamin Mutu

Penjaminan mutu dilaksanankan sebagaimana amanat dalam Statuta Universitas Mataram Bab XII pasal 89 dan 90. Penjaminan mutu ditujukan untuk menjamin pemenuhan dan pelampauan standar nasional pendidikan tinggi. Pada Tingkat UPPS dan PS, penjaminan mutu dilakukan oleh GPM untuk menjamin terlaksanan proses PPEPP di semua aspek, akademik dan non akademik. Salah satu contoh siklus PPEPP adalah Pengadaan Dokumen SPMI.

  • Penetapan :  Dalam Dokumen Standar SPMI Bidang Non-Akademik. salah satu indicator pencapaian Standar Penjaminan Mutu adalah Tersedianya Dokumen SPMI FMIPA meliputi Dokumen Kebijakan SPMI, Dokumen Standar SPMI, Dokumen Manual SPMI, dan Dokumen Formulir SPMI yang memiliki legalitas formal
  • Pelaksanaan : Bagian dari UPPS yang terkait dengan pengadaan, pihak dekanat dan GPM selalu berupaya menyusun dan memperbaharui dokumen tersebut secara berkala agar bisa mengikuti perkembangan. Penyusunan dan pelaksanaan dokumen-dokumen SPMI diserahkan kepada pihak-pihak sesuai dengan tupoksinya. Dokumen Formulir dan manual SPMI disusun oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM), Dokumen SPMI Bidang Akademik oleh WD Bidang Akademik, Dokumen SPMI Bidang Non-Akademik oleh WD Bidang Keuangan dan Umum, Dokumen SPMI Bidang Penelitian oleh WD Bidang Akademik bersama BP3F, Dokumen SPMI Bidang Penelitian oleh WD Bidang Kemahasiswaan bersama BP3F
  • Evaluasi : Standar SPMI adalah sesuatu yang bersifat dinamis, sehingga harus ditinjau secara berkala dengan memperhatikan Dokumen SPMI yang dikeluarkan oleh LPMPP
  • Peningkatan : Dokumen-dokumen SPMI mengalami peninjauan secara berkala oleh GPM yang berkoordinasi dengan pihak dekanat. Dokumen-dokumen SPMI versi terbaru yang memiliki legalitas formal adalah: Kebijakan SPMI (No. dokumen 01/UN18.F7/GPM/VI/2023), SPMI Bidang Pendidikan (No. 02/UN18.F7/GPM/VI/2023), SPMI Non-Akademik (No. 05/UN18.F7/GPM/VIII/2023), SPMI Bidang Penelitian (No. 03/UN18.F8/GPM/VI/2023), SPMI Bidang Pengabdian (No. 04/UN18.F8/GPM/VI/2023), Formulir SPMI FMIPA (No. 07/UN18.F7/GPM/VI/2023), Manual SPMI FMIPA (No. 06/UN18.F7/GPM/VI/2023).

Siklus berkelanjutan dilakukan dengan memanfaatkan sistem informasi untuk penjaminan mutu LKPS (http://penjamu.unram.ac.id). Untuk peningkatan kualitas Meningkatkan Pengelolaan Internasionaliasi Prodi dan Perguruan Tinggi, melakukan benchmarking ke Universitas Bengkulu pada hari Kamis, 3 Agustus 2023. Benchmarking LPMPP Unram ke Universitas Bengkulu-Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Mataram.

Sebagai kelanjutan dari kegiatan tersebut dan dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu dan dokumen-dokumen penjamin mutu, GPM FMIPA melakukan benchmarking ke GJM FMIPA Universitas Brawijaya dalam rangka mempelajari system penjaminan mutu yang sudah lebih maju dan berkembang. Dalam kegiatan ini GPM FMIPA banyak belajar mengenai proses penjaminan mutu dengan sistem yang sudah lebih baik. Hasil dari kegiatan benchmarking di tampilkan dalam bentuk Laporan dan implementation agreement (IA). Dalam menghadapi proses akreditasi ini PS Fisika juga melakukan konsultasi secara online dengan Prof. Dr. rer. nat. Harno Dwi Pranowo, MS. dari UGM dan Ketua Prodi Fisika Universitas Jember.

Kerjasama

Salah satu misi fakultas dalam usaha mencapai visi menjadi Lembaga riset sumber daya alam lokal berdaya saing internasional pada tahun 2025 adalah dengan membangun kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri dalam untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu UPPS menjalin Kerjasama dengan banyak mitra dalam bidan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada Masyarakat. Pelaksanaan kerjasama dengan berbagai pihak tersebut mengikuti Peraturan Rektor Universitas Mataram No. 1331/UN18/LK.00.04/2012 tanggal 31 Januari 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Kerjasama Universitas Mataram. Dalam implementasinya, PS Fisika kerjasama dilakukan pada pilar Tri Dharma PT, yaitu pilar pendidikan, pilar penelitian, dan pilar pengabdian kepada Masyarakat. Informasi tentang Kerjasama yang dilakukan oleh PS ditampilkan dalan Tabel 2.1, Tabel 2.2, Tabel 2.3 LKPS. Kerjasama yang dilakukan oleh PS Fisika adalah dengan institusi luar negeri (internasional), institusi dalam negeri (nasional), dan institusi local. Jumlah Kerjasama PS Fisika disajikan dalam Gambar. 

Address

Department of Physics, FMIPA, Mataram University
Jl. Majapahit No. 62 Mataram 83125

Contact

Telepon: +62 370 646506
Fax: +62 370 646506
Email: [email protected]